Pages

Selasa, 31 Maret 2015

PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA WEBSITE GEMSCOOL - PORTAL GAME TERBESAR DI INDONESIA

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai penerapan komputasi modern pada sebuah website. Dimana komputasi modern sendiri merupakan cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputerdan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakankomputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. 

Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, teori game, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Komputasi modern dapat digunakan untuk  menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1.       Akurasi (big, Floating point)
2.       Kecepatan (dalam satuan Hz)
3.       Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4.       Modelling (NN & GA)
5.       Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Contoh komputasi modern :
1.Mobile  computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

 3. Cloud computing 
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Dibawah ini saya akan menjelaskan tampilan website berbasis komputasi modern, sebagai contoh saya menggunakan website GEMSCOOL, dimana website tersebut merupakan salah satu Perusahaan  Game online  shop terbesar di Indonesia, didalam website tersebut tersedia berbagai informasi lengkap seputar game online salah satunya adalah POINT BLANK. Berikut adalah tampilan halaman utama website Gemscool Indonesia.



Langsung saja,kita login. Masukan ID Gemscool & Passwordnya (dalam hal ini saya menggunakan ID Game Point Blank yang telah saya buat sebelumnya). Berikut adalah gambarnya:


Description: C:\Users\Ezhie Vh- e ry\Pictures\TUGAS\LOGIN GEMSCOOL.jpg
Setelah itu,pada bagian ALL GAMES pilih salah satu dari game-game tersebut. Missal Point Blank.


Berikut adalah tampilan utama halaman web game online Point Blank

Description: C:\Users\Ezhie Vh- e ry\Pictures\TUGAS\HALAMAN UTAMA DEPAN.jpg


Karena tadi kita telah melakukan login,maka langsung saja kita pilih RELOAD G-CASH untuk mengetahui teknologi Komputasi Modern yang diterdapat pada halaman web ini yaitu G-CASH :


APA ITU VOUCHER GEMSCOOL
Sejenis kartu isi ulang untuk mengisi g-cash di gemscool. Dapat dibeli di warnet seluruh Indonesia atau website ipay, gudangvoucher.
Dapat juga diisi langsung ke dalam akun gemscoolmu pada website gemscool. Voucher hanya dapat digunakan 1 kali. Repetition delete.
Untuk mendapatkannya,kita tidak perlu kwatir karena voucher ini biasanya tersedia di warnet-warnet terdekat.Setelah kita memiliki Voucher tersebut,maka masukan kombinasi 20 Digit karakter berupa Angka & huruf kedalam Kotak seperti dibawah ini :

Description: C:\Users\Ezhie Vh- e ry\Pictures\TUGAS\ISI CASH VOUCHER.jpg 
Komentar :
menurut saya, kelemahan pada website ini adalah lambatnya mengakses website. Kelebihannya,website tersebut telah menggunakan banyak fitur komputasi modern.


sumber :
www.gemscool.com
www.pb.gemscool.com
http://anjanimega.blogspot.com/2014/03/penerapan-komputasi-modern-pada-website_31.html
http://maggugun.blogspot.com/ 

0 komentar:

Posting Komentar